Web Mahasiswa

Mimpiku bukan sekedar angan - angan

Dampak Facebook

diposting oleh unsiyah-anggraeni-fisip12 pada 23 November 2012
di Umum - 8 komentar

Dampak – dampak Facebook

Siapa yang tidak tahu dengan facebook, sebuah fasilitas jejaring sosial  pertemanan yang mendunia hingga hampir ujung tahun 2012  ini. Namun, disini Saya tidak akan membahas apa itu facebook secara rinci, bagaimana sejarahnya dan mengapa facebook diciptakan? tetapi saya akan membahas dampak- dampak facebook bagi  pelajar  maupun masyarakat pada umumnya.

Dampak ! berbicara mengenai dampak tentu ada yang berdampak positif dan berdampak negatif. Pertama saya akan membahas dampak positif dari facebook untuk pelajar dan masyarakat.

1.Mendapatkan teman baru yang banyak

Teman baru pengalaman baru. Itulah yang terpikirkan dibenak saya ketika saya memikirkan kalimat tersebut. Tentunya dengan teman baru dapat menambah jumlah link kita. misalnya saja, Suatu cerita dari teman saya yang sangat ngefans dengan Super Junior boyband  asal korea yang pada waktu itu mengadakan konser di Jakarta. Teman saya ini tidak tahu dengan daerah Jakarta namun dia memiliki teman perkenalan dari facebook  yang sama-sama menyukai dengan Suju dan mereka akan menonton konser tersebut. Akhirnya, teman saya ikut menonton konser tersebut dengan teman barunya yang  sudah lama ia kenal di facebook. Namun, disini yang perlu kita perhatikan adalah dalam memilih teman baru kita harus dapat memilih mana yang baik dan buruk bagi diri kita. Janganlah langsung mudah terpercaya.  Oleh karena itu, yang terpenting dari diri kita  adalah tidak terbujuk atau tertipu begitu saja dengan orang yang baru kita kenal. Jangan teralu mudah percaya! ok

2.Bisa bertemu dengan teman – teman yang lama

kadang kita tak sadar mengetik nama seseorang  yang sudah lama tidak kita jumpai.  Dan tidak disangka nama teman yang kita ketik tadi, ada di situs tersebut. setelah itu  kita mengirim permintaan pertemanan kepada orang tersebut dan tentunya dia mengkonfirmasi . Ternyata setelah kita berkomunikasi dengan dia, dia adalah teman kita yang lama. Akhirnya, obrolan pun dimulai. dan dengan hal ini silahturahmi dengan teman lama pun dapat terjalin lagi. Diakui atau tidak ! hal ini sering terjadi dikalangan kita. Mungkin diri anda juga? hehehehehe . Usul curhat ni, saya juga mengalami hal ini kok! heheh

 

3.Memperlancar komunikasi dengan seseorang yang memiliki jarak jauh

Dengan  berbagai sarana yang  ada pada facebook memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan keluarganya, teman-temannya, rekan kerja dan lain sebagainya yang berada di luar kota maupun luar negeri. Misalnya saja untuk menanyakan sebuah kabar pada teman kita yang berada luar negeri. dengan perantara facebook ini memudahkan kita untuk  berhubungan agar tidak terjadi lose contact begitu saja.

4.Ajang diskusi dengan teman-teman masalah tugas maupun pekerjaan

Kadang kala, disaat kita mempunyai tugas yang telah diberikan guru atau dosen kita. Jika kita merasa kesulitan dengan tugas yang telah diberikan, kita tidak akan segan untuk mengadakan diskusi dengan teman-teman kita. Nah! dengan menggunakan facebook ini ajang diskusi pun  juga bisa dilakukan.

5.Ajang seseorang atau grup untuk menarik perhatian masyarakat

begitu banyak layanan facebook yang dapat digunakan untuk hal bermanfaat. Salah satunya adalah untuk membuat  sebuah grup. Dengan grup seseorang bisa mengungkapkan perasaannya mengenai kesukaan , ketertarikan dan sebagainya. misalnya saja mengenai acara social charity: kita dengan mudahnya mengajak teman-teman kita yang berada di facebook tersebut untuk mengikuti/menghadiri ataupun sekedar untuk melihat acara tersebut.

6.Membantu kita mengungkapakan perasaan/ aspirasi kita kepada pihak pemerintahan

Sebuah masalah publik di negara kita tidak akan pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Berbagai masalah mencuat begitu saja di media telvisi, radio, koran, majalah dan lain sebagainya. Termasuk internet dalam  hal ini adalah situs facebook. Tentu, ini akan membuat kita merasa ingin ikut andil dalam permasalahan tersebut. Salah satunya, kita bisa mengungkapkan perasaan  kebanggaan  maupun kekecewaan kita lewat facebook ini. Namun, perlu diingat juga dalam menuliskan sebuah apresiasi kita atau perasaan . Kita harus mengungkapkannya dengan sopan dan baik.

Dampak negatifnya yaitu:

1.Mengurangi waktu kerja kita

Percaya atau tidak, hal ini memang terjadi pada diri kita. Kita seakan keasikan dengan situs pertemanan ini. Sampai-sampai kita habiskan berjam-jam waktu kita hanya untuk melihat status seseorang ataupun foto-foto yang ada tersebut.Hal ini juga berakibat pada diri kita yaitu sering mengulur-ulur waktu untuk menyelesaiakan pekerjaan kita. Akibatnya tugas kita tertumpuk dengan rapi.

2.Tergantikannya kehidupan sosial dan  menjadi orang yang individualis

Dengan perkembangan zaman dan diikuti oleh kemajuan teknologi membuat orang mau tidak mau harus mengikuti trend teknologi yang ada. Jika seseorang terlalu menitikberatkan masalah kehidupannya pada media sosial  tentu hal i i akan mengakibatkan seseorang tersebut merasa acuh terhadap lingkungannya dan lebih menyukai media sosial . Hal ini akan mengakibtakan orang tersebut memiliki sifat yang individualis. Lihat saja, di lingkungan kita. Misalnya teman dekat kita, berapa jam mereka habiskan waktunya untuk menikmati  situs ini. Tidak peduli waktu, suasana, dan perasaaan seseorang. contohnya: pada waktu pelajaran ketika guru menerangkan dan terasa membosankan bagi dia, dia pun tidak canggung untuk mengalihkna perhatian kita pada hal-hal yang menurit kita lebih menarik. Salah satunya facebook. Ups...!  tapi gag semua orang kok kayag gini..jadi yang merasa saja ya...!hehehhehe

3.Tersebarnya kehidupan pribadi yang tidak semestinya untuk di ekpos

Terlalu menaruh kepercayaan kepada facebook, sampai-sampai masalah pribadi di share untuk semua orang. Misalnya masalah pacar dan sang mantan. Ups! jadi curhat nih! ya...begitulah! gag usah diperpanjang...

4.Pornografi
Kita lihat saja,  di halaman-halaman samping facebook yang digunakan untuk sponsor suatu produk-produk, cerita- cerita artis dan tidak terlepas foto-foto bugil seseorang dapat tersebar luas dalam situs ini. Kadang juga foto teman- teman kita yang ada di facebook, mereka tidak canggung untuk memamerkan foto-foto mereka dengan pose yangmenarik perhatian seseorang agar  foto mereka dilihat oleh orang banyak dan dengan cara berpaikan mereka yang kadang tidak wajar dengan kepribadian bangsa kita.

5.Digunakan untuk menjelek-jelekan orang (menghujat seseorang)

Dengan mudahnya, seseorang untuk menuliskan status yang intinya untuk menjelek-jelekkan seseorang. Biasanya hal ini diakibatkan seseorang tersebut tidak suka dengan seseorang ataupun merasa kecewa dengan seseorang. Padahal hal ini akan menyakiti perasaan pihak tertentu.dan bisa saja orang yang kita sakiti akan memperkarakan masalah ini dan akan menjadi masalah yang berbuntut panjang. Oleh karena itu, pikir dulu sebelum melakukan hal ini.

6.Penipuan

Facebook menjadi sarana yang paling ampuh bagi para mafia penipu untuk menjalankan modusnya, berbagai  iming-iming tawaran sebuah produk dan lain sebagainya sudah menjadi rahasia umum. Cara yang ampuh untuk tidak terkena dampak tersebut adalah Iman dan takwa kita yang sekaligus menjadi filter terpenting dalam hidup kita ini.

7.Mudah terprovokasi oleh isu-isu

Hal ini terjadi pada seseorang yang memang tidak mempunyai pendirian tau pedoman yang kuat mengenai suatu hal. akibatnya jika ada masalah atau isu –isu baru yang mencuat. Membuat seseorang tersebut mudah percaya dan terprovokasi begitu saja.

8.Dapat merubah kepribadian  seseorang

Seseorang yang awalnya mempunyai kepribadian baik bisa saja berubah menjadi kepribadian yang jelek. Hal ini bisa disebabkan misalnya pengaruh seseorang yang ia kenali di facebook yang dapat merubah kepribadiannya itu, melihat cara hidup seseorang  yang salah (hedonis, seksual dll) yang jelek namun dia merasa tertarik dan ingin mencoba hal tersebut dan masih banyak lainnya.

 

9.Kesalahpahaman

Fasilitas di facebook yang dengan mudah kita untuk membuat sebuah status dan wall. Munculah perbincangan kita dengan topik tertentu, kadang kala seseorang menuliskan sesuatu yang menurut dia benar tetapi menurut orang lain itu tidak benar, bahkan sampai melukai perasaan seseorang. Tentu hal ini akan memunculkan kesalahpahaman diantara mereka. Cara yang baik untuk menghindari ini adalah dengan menuliskan sesuatu di layanan facebook tersebut dengan bahasa yang komunikatif dan dapat dimengerti oleh semua orang. sehingga tidak memundulkan kesalahpahaman.

 

Masih banyak lagi dampak positif dan negatif dari facebook . Sekiranya hal itu saja yang saya ungkapkan. Karena facebook itu tak ubahnya  sebuah pistol. Tergantung siapa yang menggunakannya.

 Kesimpulan yang kita dapat bahwa untuk dapat menggunakan sebuah layangan media yang baik adalah dengan menggunakannya dengan baik pula sesuai dengan keperluan dan tujuan kita yang baik saja.

Oleh karena itu, keimanan dan ketaqwaan yang kuat adalah kunci kita agar tidak terjebak dengan hal-hal seperti diatas.  Semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita agar kita selalu di jalan yang benar. Aamiin.

Semoga bermanfaat...! jika ada salah dar artikel yang saya buat ini. Saya Unsiyah meminta maaf...^_^ yang sebesar-besarnya. Dan mohon bimbingannya dalam membuat sebuah artikel. Terima kasih :D

 

8 Komentar

1. naisila

pada : 24 November 2012

"sudah bagus...! di usahakan lagi ya...yang kreatif lagi."


2. unsiyah anggraeni

pada : 24 November 2012

"ok...makasih ya mbak naisila atas sarannya."


3. bie

pada : 25 November 2012

"Siiiippppp"


4. chumie chumie

pada : 26 November 2012

"like"


5. un

pada : 26 November 2012

"all: makasih :D"


6. anis mubasyiroh

pada : 29 November 2012

"diterapkan ya ilmu dari seminar kemarin... "menulis"..."


7. Sykes

pada : 01 December 2012

"bagus un ! :)"


8. unsiyah anggraeni

pada : 02 December 2012

"anis: iya nis....makasih ya comentnya
sykes : iya makasi ya sykes"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">